Sudah Benarkah Sholat Kita ??????? (Bag. Pertama)

Sholat

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualkikum Wr. Wb

Kembali lagi dimalam minggu ini saya mencoba membagikan tulisan kepada rekan - rekan sobat semua. Sepertinya hujan lebat sekali diluar sana, jadi tidak bisa pergi kemana-mana ni sob. Huh.. malam minggu tapi tidak bisa jalan - jalan sama anak dan istri saya. Tapi tidak apalah sob, sambil nonton televisi saya mau bagikan tulisan mengenai Sholat ni. Disini saya tidak bermaksud sok tau atau apalah gitu ... saya hanya mencoba menyampaikan apa yang saya ketahui kepada para pembaca blog saya.

Okelah kita mulai aja ya sob ... Terkadang saya ada kepikiran juga apakah sholat yang saya lakukan itu sudah benar belum ya ???  langsung aja tak buka laptop terus biasalah saya tanya di mbah google (bahasa anak abg sekarang sob kalau mau browsing sesuatu di internet hehehehe) ehhhh...  ternyata ketemu juga blog yang membahas tentang tata cara melaksanakan sholat dengan baik dan benar. Tapi setelah saya baca-baca ni sob ternyata ada juga beberapa hal kesalahan yang sering terjadi pada kita yang melakukan sholat. Apa saja itu ya ???? disini saya akan coba sampaikan satu persatu berikut dengan penjelasannya.

1. BERDIRI TANPA ADANYA SUTRAH

Katanya ni sob .... jika kita ingin sholat, maka sholatlah dengan cara yang dilakukan baginda kita Nabi besar Muhammad SAW. Nabi kalau sholat, beliau memakai Sutrah. Ini dia hadistnya :

“Janganlah kalian shalat kecuali dengan menghadap sutrah dan janganlah kalian biarkan seorangpun lewat di hadapanmu” (HR Muslim).

Tentu kita bertanya-tanya ni apa ya yang dimaksud dengan sutrah itu ??? sebelumnya saya pun tidak tau apa itu Sutrah sob. setelah saya baca- baca ehhhh ....ternyata Sutrah itu adalah benda pembatas sholat, letaknya didepan orang yang sedang melakukan sholat atau agak kekiri/kekanan. sejauh 3 hasta (kira-kira 120 cm sob), dan tingginya itu minimal 1 Hasta (tau kan sob satu hasta itu berapa ?? lebih kurang 40 cm).
Apa saja benda-benda yang bisa dijadikan sutrah didalam mesjid, yaitu :

a. Dinding
b. Punggung Orang
c. Tiang 
d. Mimbar
e. Benda-benda yang lain yang tingginya itu 1 hasta atau lebih sob

O iya sob ... kalau sajadah itu tidak bisa dijadikan sutrah karena sajadah tidak lebih tinggi dari 1 hasta atau 40 cm. Pada waktu sholat sendirian, Nabi menggunakan tempat tidur sebagai sutrahnya. Dalam sholat berjamaah Sutrah itu cukup pada Imam saja dan makmum pada baris pertama ternyata tidak perlu lagi Sutrah. Bagaimana sob ngerti kan maksudnya??? jadi intinya sutrah itu pembatas sholat yang berjarak 120 cm kekiri atau kekanan kita dan tinggi nya lebih dari 40 cm.

2. TIDAK BERDIRI DENGAN SIKAP SEMPURNA KETIKA MENGHADAP KIBLAT

Yang perlu kita ketahui bahwa berdiri dalam sholat itu bukanlah berdiri seperti biasa kita berdiri. Bediri dalam sholat itu ialah kedua telapak kaki kita menghadap kekiblat, tidak serong kekiri atau kekanan, seperti yang sering kita jumpai. Yang saya katakan ini ada dasar dan manfaatnya  :

“Apabila kamu berdiri untuk shalat, sempurnakanlah wudhu, kemudian menghadap kearah kiblat, lalu bertakbirlah” (HR Bukhari – Muslim).
Yang dimaksud menghadap kiblat di sini adalah badan dan jari-jari kakinya. Tentunya fungsinya itu untuk menyempurnakan sholat yang kita lakukan. Karena kesempurnaan sholat itulah yang kita inginkan.Di mesjid sering kita mendengar imam mengatakan seperti ini :
“Lurus dan rapatkan shaf kalian, karena lurus dan rapatnya shaf adalah bagian dari kesempurnaan tegaknya shalat” (HR Bukhari, Muslim).
Ternyata eh ternyata kalimat itu dari sebuah hadist yang menjabarkan bagaimana shaf yang lurus dan rapat dengan kedua telapak kaki menghadap kekiblat guna terciptanya kesempurnaan sholat yang akan kita tegakkan.

3. TIDAK MENGARAHKAN PANDANGANNYA KETEMPAT SUJUD

Tidak saya pungkiri ketika sholat saya ada jugalah melihat kedepan dan sedikit memperhatikan orang yang didepan saya tapi habis itu pandangan saya ke tempat sujud lagi .....:). Ternyata itu juga membuat sholat kita kurang sempurna sob. Begini cara baginda Nabi Sholat

Ketika Rasulullah SAW shalat, beliau menundukkan kepala dan pandangan matanya diarahkan ke tanah[tempat sujud]. (HR Baihaki – Hakim)

Dan disebutkan dalam salah satu hadist tentang pengakuan iblis laknatullah kepada Rasulullah sewaktu menggangu orang yang sedang sholat. Begini isi hadistnya:

"Jika ia menang atasku, aku tinggalkan dia sampai ketika mengerjakan shalat aku katakan kepadanya,’ Lihatlah kiri-kanan’, lalu ia menengok. Saat itu aku usap wajahnya dengan tanganku dan aku cium antara kedua matanya dan aku katakan kepadanya,’ Aku telah menyuruh apa yang tidak baik selamanya’.Dan engkau sendiri tahu wahai Muhammad, siapa yang sering menoleh dalam shalatnya, Allah akan memukul wajahnya.
( HR. Muadz bin Jabal r.a. dari Ibn Abbas r.a )

4. TIDAK MENGANGKAT TANGAN DENGAN SEMPURNA KETIKA TAKBIR

Sepertinya ada beberapa kali kita melakukan takbir dalam sholat dan mengangkat tangan kita.Yaitu ketika takbiratul ihram, ketika hendak ruku', ketika hendak bangkit dari ruku' dan ketika bangkit dari rakaat kedua. Jadi sewaktu mengangkat tangan inilah yang hendaknya kita perhatikan dengan sungguh-sungguh, adapun ringkasan mengenai angkat tangan ini yaitu :

  •  Jari - Lurus ke atas, tidak merenggang, tidak mengepal (HR Abu Daud, IbnKhuzaimah)    
  •  Telapak - Menghadap kiblat (HR Abu Dawud, Nasai)
  •  Ketinggian – Sejajartelinga (HR Bukhari), atau–Sejajar bahu (HR Bukhari)
  •  Waktu – Bersamaantakbir( HR Bukhari), atau–Sebelumtakbir(HR Bukhari), atau–Setelahtakbir (HR Muslim).


Kira-kira begitulah kurang lebih ringkasannya ni sob. 

5. TIDAK BERSEDEKAP DENGAN SEMPURNA

Menurut hadist yang diriwayat kan Bukhari - Muslim bahwasanya Nabi melarang bersedekap dengan meletakkan tangan diatas lambung atau perut. Ini dia hadistnya :

Adalah Rasulullah SAW melarang bersedekap meletakkan kedua tangannya pada lambung (perut) (HR Bukhari, Muslim).

Ternyata ni sob ..selama ini saya salah dalam bersedekap dengan meletakkan tangan saya diatas lambung atau perut saya. (Wallahu Wa'lam). Dan bersedekap yang benar itu adalah :

  • Rasullah SAW meletakkan telapak tangan kanannya pada punggung telapak kirinya, atau pada Pergelangan tangan kirinya, atau pada lengan kirinya (HR Abu Dawud, Nasai)
  • Dan adalah Nabi mendekapkan tangan kanannya pada tangan kirinya (HR Nasai, Daruqutni)
  • Meletakkan tangan kanan di atas kiri (HR Muslim)
  •  Dan meletakkan kedua tangannya di atas dada (HR Abu Dawud, Ahmad)


6. TIDAK MELETAKKAN TULANG PUNGGUNGNYA DENGAN SEMPURNA PADA SAAT RUKU' DAN     SUJUD

Kira-kira bagaimana ni cara meletakkan tulang punggung yang benar dan sempurna pada saat ruku' dan sujud menurut tuntunan Nabi Besar Muhammad SAW. Ini ada beberapa tips yang coba saya bagikan kepada sobat semua yang saya kutip dari beberapa hadist, yaitu :


      Apabila kamu ruku, letakkanlah telapak tanganmu pada lutut, bukalah jari-jarimu kemudian tekanlah dengan mantap dan tumakninah sehingga anggota tubuh kembali pada persendiannya (HR Ibnu Khuzaimah, Ibu Hibban)

      Ketika Rasulullah SAW ruku, dia membuka kedua lengan ke samping kiri dan kanan (HR Tirmidzi) Ketika Rasulullah SAW ruku, ia meratakan punggungnya (HR Baihaqi) Ketika ruku, Rasulullah SAW tidak menundukkan kepala dan tidak pula mengangkatnya ke  atas, melainkan antara keduanya (HR Muslim)

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam kitab musnadnya dari Abi Mas’ud ra bahwa Nabi Muhammad SAW  bersabda:

"Tidak sah sholat seseorang di antara kalian sehingga dia menegakkanpunggungnya dengan baik [meletakkan tulang punggungnya dengan sempurna]pada saat ruku’ dan sujud”

Dan Rasulullah SAW telah menjadikan orang yang mencuri di dalam shalatnya sebagai pencuri yang paling keji dibanding pencuri harta. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam kitab musnadnya dari hadits Abi Qotadah RA bahwa Nabi bersabda:

"Orang yang paling buruk adalah orang yang mencuri dari shalatnya”.

Para shahabat bertanya: Wahai Rasulullah bagaimanakan seseorang mencuri dari shalatnya?.
Beliau bersabda:  

"Dia tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya. Dia tidak meletakkan tulang punggungnya [dengan sempurna] pada saat dia ruku’ atau sujud”.

Adapun pada waktu ruku’ sebagaian orang merendahkan punggungnya melebihi yang semestinya atau mengangkatnya, dan ini adalah kesalahan, sebab apabila Nabi melakukan ruku’ maka beliau membentang punggungnya dan meratakannya sehingga kalau air diletakkan padanya niscaya dia akan tetap terdiam.

Diriwayatkan oleh Al-Nas’I dari hadits Abi Humaid dia berkata:

"Apabila Rasulullah SAW ruku’ maka beliau ruku’ dengan lurus sempurna, beliau tidak mengangkat kepala dan tidak pula menundukkannya dan beliau meletakkan kedua tangannya di atas kedua lututnya”.

Bagaimana sob??? bisa di pahamikan maksud dari hadist - hadist yang telah saya tuliskan diatas.Kalau diperhatikan lebih cermat lagi saya sendiri pun masih banyak kesalahan-kesalahan dalam melakukan sujud dan ruku' ini. Seperti saya tidak meratakan punggung saya ketika ruku', tapi Insya Allah kedepannya saya akan lebih memperhatikan lagi kesalahan-kesalahan itu.

Maaf ni sob ... sepertinya untuk malam ini saya cukupkan sampai disini aja ya, soalnya udah ngantuk berat ni. sebenarnya ada 12 hal kesalahan yang sering dilakukan ketika sholat, yang 6 lagi kita lanjut dikesempatan lain ya , Insya Allah lain waktu akan saya bagikan lagi. Tidak terasa ternyata udah jam 11 malam ni, pantesan mata udah berat rasanya. Semoga dengan apa yang sudah saya sampaikan bisa menjadi pelajaran bagi kita semua dan bisa memperbaiki diri agar sholat kita bisa lebih sempurna dihadapan Sang Maha Besar Allah SWT. Sekali lagi jika ada kata-kata yang tidak berkenan dihati para pembaca semua saya mohon maaf sebesar-besarnya, dan jika ada kritik dan sarannya saya sangat berbesar hati menerima kritik dan saran sobat semua dengan Jiwa yang besar. Oke sob ... lain waktu kita lanjut lagi ya pembahasannya. Akhir kata saya akhiri dengan Wabillahi Taufiq Walhidayah Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber :

http://www.islamhouse.com/
http://www.shalatsempurna.com/?id=Harry123
http://harryrichrahardjo.blogspot.com/2011/07/12-kesalahan-yang-sering-terjadi-dalam.html

 DAFTAR RUJUKAN:

•  Melihat Shalat Nabi, Ust. Akhmad Tefur, S.Si
•  Sifat Shalat Nabi, Nashiruddin Al-Albani
•  Pedoman Shalat, Doa & Dzikir, Abu Fajar Al Qalami
•  Pedoman Shalat, Prof. DR. TM Hasbi Ash-Shiddieqy
•  Bulughul Maram, Ibnu Hajar Al Ashqalani
Previous
Next Post »

31 komentar

Write komentar
3 October 2016 at 09:33 delete

yup benar sekali, tapi tetap saja anak-anak suka melewati sutrah bahkan sambil lari sulit untuk mencegahnya

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
3 October 2016 at 12:38 delete

ehmmmm.....begitulah anak-anak mas Ficri.... :) mau dilarang , nanti anak-anak tdk terbiasa sholat berjamaah

Reply
avatar
raihanah
AUTHOR
4 October 2016 at 07:47 delete

terima kasih atas peringatan

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
4 October 2016 at 12:40 delete

ya ... sama - sama puan raihanah ...

Reply
avatar
Ato
AUTHOR
8 October 2016 at 04:48 delete

terima kasih ya atas peringatan yg sungguh bermanfaat.

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
8 October 2016 at 07:09 delete

ya sama - sama bg Ato ... sdh seharusnya lah kita saling mengingatkan....

Reply
avatar
ExpanDroiders
AUTHOR
8 October 2016 at 21:46 delete

Semoga kita semua dapat keberkatan hidup dari Allah wahai kawan2 ku...

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
8 October 2016 at 23:02 delete

iya mas ... karena hanyalah keberkahan Allah lah yang bisa menyelamatkan kita dari kerasnya hidup ini....:)

Reply
avatar
Dwi Wahyudi
AUTHOR
9 October 2016 at 08:23 delete

Subhanallah... Ternyata selama ini saya masih belum sempurna dalam melaksanakan sholat. Syukron atas informasinya ya Mas Bro, semoga Allah memberikan keberkahan untuk ente sekeluarga. Amin...

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
9 October 2016 at 16:56 delete

iya sama - sama mas Wahyudi....disinipun saya masih belajar dan mencoba memberikan informasi yang saya ketahui agar bisa memberikan manfaat....

Reply
avatar
angkisland
AUTHOR
19 October 2016 at 05:51 delete

semoga kita bukan orang yang paling buruk dan gak lalai ya mas.. aamiin mari serius dan berjuang di waktu sholat...

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
20 October 2016 at 06:58 delete

semoga saja Mas, terimakasih ni sdh mampir ...

Reply
avatar
20 October 2016 at 09:45 delete

terima kasih atas sharenya gan, saya juga masih merasa sholat saya masih belum bener,

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
20 October 2016 at 13:04 delete

yang penting kita mau memperbaikinya Mas Zainal

Reply
avatar
Seenday
AUTHOR
24 October 2016 at 05:26 delete

Judulnya bikin sedih mas...
Merasa gimanaaaaa gitu pada diri sendiri

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
24 October 2016 at 06:56 delete

ehmmmm .. jangan sedih donk Mas ... hehehe ...

Reply
avatar
evrinasp
AUTHOR
29 October 2016 at 07:38 delete

aduhhh kayanya ada yang belum benar nih gerakan shalat ku, makasih atas pengingatnya

Reply
avatar
Oyong Ilham
AUTHOR
29 October 2016 at 12:41 delete

sama evrinasp, aku juga masih ada yang kurang lengkap tata caranya ... yang penting terus perbaiki kekurangan itu ....:)

Reply
avatar
agen poker
AUTHOR
3 November 2016 at 07:35 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
14 November 2016 at 13:50 delete

Ini artikel yang saya cari gan , ijin share ya gan :)


Situs Poker Online

Reply
avatar
15 November 2016 at 12:58 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
Agen Poker
AUTHOR
3 December 2016 at 09:26 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
Agen Poker
AUTHOR
3 December 2016 at 09:39 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
Ahmad
AUTHOR
5 December 2016 at 20:50 delete

harus banyak perbaiki ni sholatnya

Reply
avatar
agen poker
AUTHOR
5 January 2017 at 11:48 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
agen poker
AUTHOR
5 January 2017 at 12:13 delete

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


PokerOnline Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
avatar
tom
AUTHOR
6 March 2017 at 08:04 delete

Mas, bisa request tatacara sholat lengkap dari pandangan per mahzab dan dijelaskan khilaf-khilafnya sekalian gak? Aku dulu ikut kajian telat, cuman dapat porsi kajian dari duduk tahiyat sampai akhir.

Reply
avatar
NLP JAKARTA
AUTHOR
10 March 2017 at 10:01 delete

Yang paling berbahaya adalah tergesa2 dalam melakukan sholat

Reply
avatar
3 May 2017 at 15:50 delete

masih jauh nih gerakan sholatku, terimaksi kak sudah memberi penjelasan yang sangat rinci sehinggga mudah untuk di cerna hehe

Reply
avatar
21 June 2017 at 15:38 delete

sutrah ,,dinding pembatas ??

Reply
avatar
Review Domino
AUTHOR
30 September 2017 at 18:06 delete

Terima kasih atas imformasi yang anda berikan khususnya buat saya umumnya untuk semua yang sempat membaca blog anda ini. ini sangat membantu saya.

Reply
avatar

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon