Lalat Capung - Inilah Hewan Yang Memiliki Umur Terpendek




Assalamu'alaikum Wr. Wb

"Setiap yang bernyawa itu pasti akan mengalami kematian" demikianlah Allah telah berfirman dalam Qur'an Surat Ali Imran ayat 185. Sebenarnya hidup di dunia ini amatlah singkat, tetapi ternyata ada spesies hewan yang memiliki umur yg sangat pendek , sekitar 24 jam saja . Hewan apakah itu ??? Baiklah kita akan membahasnya lebih lanjut lagi.

Apakabar sahabat blogger semua, semoga baik2 saja, Amin ..
Pada malam Rabu ini saya kembali lagi dengan postingan saya tentang Lalat Capung yang memiliki umur yang sangat pendek yaitu sekitar 24 jam saja, jadi sangat bersykurlah kita yang sampai sekarang masih memiliki umur yg bisa dibilang cukup panjang jika dibandingkan dengan lalat capung.

Lalat capung atau dalam bahasa latinnya disebut Mayflies, mereka hanya hidup dalam 24 jam atau beberapa saat saja.

Untuk mempertahankan populasi keturunannya, lalat capung hidup dalam kelompok habitat yang sangat besar, saking besarnya mereka dapat terdeteksi oleh radar cuaca. Lalat capung adalah hewan dengan umur terpendek di dunia.

Hewan ini memiliki 2.500 spesies yang telah tersebar keseluruh dunia, lalat capung tidak tergantung pada kualitas hidupnya di bumi  tetapi mereka tergantung pada kuantitas penyebaran mereka di permukaan bumi. Lalat capung adalah jenis serangga yang berasal dari Ordo Ephemeroptera, berasal dari bahasa Yunani yang berarti "hidup singkat" dan pteron yang artinya "Sayap". Jadi dapat diartikan hewan bersayap dan hidup singkat. Lalat Capung dewasa biasanya hidup sekitar 30 menit sampai 1 hari saja tergantung menurut jenisnya. Fungsi utama dari Lalat Capung dewasa ini adalah bereproduksi yang bertujuan untuk mempertahankan jumlah Populasinya. Mereka bereproduksi dengan jumlah yang sangat banyak agar mereka dapat bertahan dan tidak punah. Biasanya untuk mengetahui jenis Lalat Capung Jantan dan Betina ditandai dengan Mata yang besar dengan kaki depan yang panjang untuk Si Jantan , yang berguna untuk berpegang pada betina disaat mereka sedang kawin.

Mereka bereproduksi disaat musim panas dengan jumlah yang sangat banyak bahkan sampai jutaan. Karena terlalu banyaknya mereka sampai-sampai Lalat Capung dapat ditangkap oleh Radar Cuaca.

 Begitu aja sobat postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan dan mudah2an kita juga bisa bersyukur atas umur yang cukup panjang diberikan oleh Allah SWT. Karena kita bisa membaca postingan diatas bagaimana Lalat Capung hanya berumur 1 hari saja, sedangkan kita rata-rata berumur Puluhan Tahun. Semoga kita bisa menjadi Insan yang selalu bersyukur. Amin.....

Oke Sobat Blogger sampai jumpa di Postingan saya selanjutnya Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Sumber : www.anekuteun.com
Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkomentar dan berkunjung ke blog ini, Insya Allah akan saya kunjungi balik..... ConversionConversion EmoticonEmoticon